Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Risiko Operasi Lasik yang Perlu Anda Ketahui

Mengalami gangguan penglihatan, seperti miopia, hipermetropia, atau atau mata silinder menciptakan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. LASIK menjadi solusi untuk mengembalikan penglihatan kembali normal.

Ditunjang dengan perkembangan teknologi dalam bidang ke dokter yang semakin maju risiko operasi LASIK mata juga semakin kecil. Dengan ini, penderita dapat terbebas dari penggunaan kacamata maupun lensa kontak.

Keuntungan dan Risiko Operasi LASIK Mata

Keuntungan dan Risiko Operasi LASIK Mata

LASIK adalah prosedur untuk mengembalikan penglihatan kembali normal. Prosedur ini berupa pembentukan kembali kornea mata dengan metode laser. Untuk itu, LASIK sendiri singkatan dari Laser Assisted In-Situ Keratomileusis.

Fakta tentang LASIK mata bisa dikatakan menarik, karena prosedur ini sudah ada sejak tahun 1990. Kala itu proses membentuk kornea mata menggunakan laser excimer. Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi yang pesat operasi LASIK semakin populer.

90% pasien yang menjalankan operasi LASIK merasa puas dan mendapatkan keuntungan yang signifikan. Terutama bisa kembali melihat objek dan warna dengan jelas tanpa harus bergantung lagi pada penggunaan alat bantu, seperti kacamata.

Keuntungan LASIK Mata

Alasan LASIK populer sebagai solusi pengobatan bagi mata dengan kelainan refraksi yaitu untuk mengembalikan penglihatan menjadi normal seperti sedia kala. Selain itu, beberapa keuntungan berikut ini, membuat pasien puas dengan operasi mata menggunakan laser ini.

Koreksi penglihatan atau mengembalikan penglihatan penderita rabun jauh (hyperopia), rabun dekat (miopia), dan mata silinder (astigmatisme).

Terbebas dari penggunaan kacamata dan lensa kontak, yang beberapa terganggu harus bergantung dengan alat bantu penglihatan ini.

Minim rasa sakit, karena operasi mata tidak melibatkan jahitan.

Proses pemulihan setelah LASIK terbilang cepat, beberapa hari setelah operasi penglihatan kembali stabil dan bisa melihat dengan normal.

Risiko Operasi Lasik

Setiap pengobatan bisa saja memiliki risiko, salah satunya risiko setelah menjalankan operasi LASIK mata. Pasien bisa saja mengalami mata kering selama berbulan-bulan, penglihatan ganda, adanya lingkaran cahaya, atau berkurangnya penglihatan pada malam hari.

Komplaki juga bisa dialami pasien, seperti infeksi kornea, penipisan kornea, dan induksi silindris. Apalagi prosedur yang merupakan pembentukan jaringan kornea ini bisa beresiko kerusakan atau kehilangan penglihatan secara permanen.

Walau begitu, jika Anda tertarik melakukan operasi LASIK jangan khawatir dengan risiko yang mungkin terjadi. Cari klinik atau rumah sakit yang memiliki prosedur operasi terbaik.

Misalnya di KMN EyeCare yang menggunakan teknologi terbaru LASIK mata untuk hasil terbaik dan memberikan kenyamanan kepada pasien. Dalam hal ini menggunakan teknologi laser excimer sesuai persetujuan FDA, tanpa ada penggunaan pisau.

Itulah mengapa proses operasi akan berlangsung cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Terlebih didukung oleh tenaga ahli dokter spesialis LASIK berpengalaman, sehingga prosedur dapat berjalan lancar dengan minim risiko, serta proses pemulihan lebih cepat.

Oleh karena itu, LASIK mata untuk rabun jauh, rabun dekat, maupun mata silinder pastikan untuk mengunjungi klinik atau rumah sakit terbaik. Hal ini agar selama prosedur berjalan lancar, tanpa rasa sakit, dan proses pemulihan pasca operasi tanpa efek samping.