Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi Tempat Wisata Wonosobo Selain Dieng

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yang terkenal dengan keindahan alam terutama pegunungannya. Oleh karenanya sering mendapat julukan “Kota Seribu gunung”. Salah satu gunung yang terkenal sebagai tempat wisata Wonosobo yaitu Dieng.

Dieng menjadi destinasi wisata favorit dari kabupaten yang terkenal dengan mie ongklok ini. Namun ternyata Wonosobo juga masih punya segudang destinasi lain. Berbagai wisata alam siap Anda kunjungi mulai dari pegunungan, perbukitan, telaga, air terjun, hingga kebun teh.

Sehingga bagi Anda yang berencana wisata ke kabupaten ini dan butuh tempat menginap, Bobocabin Wonosobo dapat menjadi solusinya. Menginap dengan style cabin kekinian dengan spot suguhan lukisan alam pesona pegunungan yang menawan.

Bagi Anda yang berencana ke sini, namun butuh informasi terkait destinasi tempat wisata di Wonosobo selain Dieng, maka simak artikel ini hingga selesai. Dengan mengetahui rekomendasi ini, Anda akan lebih mudah memilih wisata mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

6 Tempat Wisata Wonosobo Selain Dieng

Tempat Wisata Wonosobo Selain Dieng

Berencana ke Dieng namun belum tahu akan menginap dimana, maka Bobocabin Dieng dapat menjadi pilihan Anda. Penginapan yang mengusung konsep kabin yang menyatu dengan alam, tentu akan cocok dengan selera Anda penyuka wisata alam.

Sedangkan bagi Anda yang mulai bosan dengan Dieng Wonosobo wisata, namun tetap ingin berwisata ke sini, jangan khawatir sebab ada banyak pilihan wisata lain yang tak kalah seru. Berikut ini daftar tempat wisata yang dapat menjadi rujukan Anda.

1. Embung kledung

Embung kledung menjadi tempat wisata yang menyajikan keindahan panorama waduk yang disandingkan dengan Gunung Sindoro-Sumbing. Embung ini memiliki luas sekitar 4 hektar.

Awalnya embung ini menjadi tempat penyimpanan air hujan dan irigasi untuk para petani. Namun seiring berjalannya waktu dengan pesonanya, embung ini menjadi salah satu tempat wisata Wonosobo terbaru yang cukup ramai dikunjungi.

2. Telaga menjer

Wisata Wonosobo selain Dieng berikutnya yaitu Telaga Menjer. Telaga ini menjadi telaga terluas yang dikelilingi hutan hijau dan perbukitan. Tentunya menyajikan spot pemandangan yang cocok untuk bersantai dan menikmati alam.

Selain menawarkan pemandangan telaganya, di sini juga disajikan wisata perahu air, goa kayu bulu hingga restoran apung. Sehingga cocok untuk wisata keluarga.

3. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tampi tak kalah menarik untuk menjadi tujuan destinasi Anda. Tempat ini menyajikan hamparan kebun teh hijau yang dikelilingi dengan indahnya pemandangan pegunungan.

Selain menikmati panorama, Anda juga dapat menyaksikan proses pembuatan teh dari pabriknya. Berbagai informasi terkait pengeringan, pengolahan di pabrik hingga proses pengemasan.

4. Lubang Sewu

Lubang Sewu yaitu berisi ribuan lubang yang terbentuk secara alami pada tebing batu karang di tepi Bendungan Wadaslintang. Wisata ini dikenal dengan batu karang putih yang menjadi tebing dengan ketinggian rendah. Namun wisata ini cocok dinikmati hanya saat musim kemarau.

5. Curug Sikarim

Curug Sikarim merupakan salah satu curug terkenal di Wonosobo. Curug ini menyajikan pemandangan curug yang special di bagian alirannya. Alirannya seolah membelah dinding perbukitan ditambah adanya kabut yang menyelimuti bukit di sekitar curug sehingga sejuk dan asri.

6. Bukit Mbeser

Bagi pecinta panorama gunung, bukit mbeser ini dapat menjadi pilihan Anda. Bukit ini menyajikan pemandangan sekitar Wonosobo. Apalagi situasi malam hari menyajikan perpaduan antara kelip lampu dengan bintang yang berselimut kabut.

Paginya, Anda akan disuguhi panorama matahari terbit yang menawan. Anda dapat menaiki Menara yang telah disediakan dengan ketinggian 10 meter. Serta angin pagi khas pegunungan yang sejuk.

Bagi Anda yang berencana menyaksikan sunrise maka Anda perlu mencari penginapan di sekitar wisata ini. Bobocabin Wonosobo siap memfasilitasi para pengunjung untuk menginap. Menginap dengan style cabin estetik di tengah hamparan alam yang menawan.

Itulah 6 rekomendasi wisata di Wonosobo selain Dieng yang dapat Anda pilih. Pastikan jika ada rencana menginap maka sudah mencari tau penginapan yang akan dituju jauh-jauh hari. Salah satunya dengan Bobocabin Dieng.